Kamis, 23 Oktober 2014

Piranti Masukan (Input Device)


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiTYHmXPbtAs1po1h2UVYaqBwk93pI_U74EmjTJ_78XocIMzNnIuT_FcbVJrXx46FxPO5J9VCTNK_d1IndrndCMo18L7-H6wIuKSDjDpdl0N8OBWq6q9zzQ-2ipAh1mkIW9mc_hxqKB2k/s1600/Datastickies.jpg
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiTYHmXPbtAs1po1h2UVYaqBwk93pI_U74EmjTJ_78XocIMzNnIuT_FcbVJrXx46FxPO5J9VCTNK_d1IndrndCMo18L7-H6wIuKSDjDpdl0N8OBWq6q9zzQ-2ipAh1mkIW9mc_hxqKB2k/s1600/Datastickies.jpg

I.  Jenis Piranti Masukan
Piranti masukan biasanya berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara memberi printah pada komputer. Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti oleh sistem komputer. Piranti masukan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan aman, efektif, efisien, dan jika mungkin menyenangkan.
Dalam prakteknya tidak ada satu piranti masukan pun yang dapat memenuhi semua kebutuhan, pada umumnya ketika praktek diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi, misalnya keyboard dengan mouse.Secara umum piranti masukan harus mudah digunakan dan bentuknya harus ergonomis dan mempunyai sistem umpan balik yang baik.
Jenis Pekerjaan Piranti Masukan yang Cocok
1.   Masukan Numerik Tombol Numerik
2.  Masukan Teks Alphanumerik keyboard (QWERTY)
3.  Seleksi Obyek Mouse, joystick, trackball, light pen
4.  Manipulasi Obyek Mouse, joystick, trackball, light pen
5.  Tracking (alur) Mouse, light pen
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a.       Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
b.      Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk


Piranti masukan atau input device ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan piranti input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu:
1.      Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
a.  Back Space. Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
b. Caps Lock. Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
c.  Delete. Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
d.  Esc. Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
f.  End. Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
g.  Enter. Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses peritah
h. Home. Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
i.Insert. Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
j. Page Up. Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
k. Page Down. Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
l. Tab. Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard.tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12.Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat..Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Piranti masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.Biasanya piranti ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.Selain touchpad adalah model piranti masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
h. Kamera Digital
Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
 i. Mikropon dan Headphone
Piranti masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.




II.         Piranti Pengetikan
Perangkat pengetikan dapat digunakan untuk memasukkan data ataupun perintah.Perangkat yang paling umum digunakan adalah keyboard. Perangkat pengetikan yang lain yaitu ATM (Automatic Teller Machine) yang dipakai sebagi mesin pengambil uang dan POS (Payment of Sale) yang digunakan pada toko-toko swalayan.
A.    Keyboard

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf ,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer, keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol.Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol).
Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.



Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
a.       Tombol Pengetikan
b.      Tombol Angka
c.       Tombol Fungsi
d.      Tombol Kontrol

Cara kerja Keyboard sangatlah mudah yaitu dengan menekan sebuah key(tombol),controllerpada keyboard mendeteksi,mengirim permintaaninterupsi pada CPU,dan memintanya untuk menerima input dari keyboard.jika CPU telah menerima input dari keyboard,akan terlihat hasil tombol yang kita tekan dilayar.contohnya,saat kita mengetik,setiap hurup yang kita tekan akan muncul di layar komputer.

Jenis-Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu :
1.      Keyboard 101-key Enhanced
Pada tahun 1986, IBM memperkenalkan IBM PC / AT Model 339 termasuk yang terakhir ini AT-sistem keluarga adalah Ditingkatkan baru 101-tombol keyboard, Sedikit yang menyadari IBM pada waktu itu keyboard 101-key akan menjadi standar de-facto untuk keyboard untuk dekade berikutnya dan seterusnya.Bahkan Windows saat ini keyboard dan varian mewah dengan tombol tambahan dan tombol didasarkan pada tata letak.
2.       Keyboard Windows 104-key
Keyboard Windows memiliki tombol control tambahan berupa tombol Windows atau Stars dan tombol Aplikasi, sedangkan keyboard apple memiliki susunan yang khusus untuk system Mac. Selain itu masih ada lagi keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra.
3.         Keyboard Standard Apple 82- key
4.         Keyboard Extended Apple 108- key

Selain jenis-jenis keyboard yang diatas,masih ada yang lainnya diantaranya adalah:
1.      Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan layout mesin tik.Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik).
2.       Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY.
3.      Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.
4.      Keyboard Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard.Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat   mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
5.       Keyboard Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5.Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.

Secara fisik Keyboard terbagi menjadi 4, yaitu :
1.      Keyboard Serial
2.      Keyboard PS/2
3.      Keyboard Wireless
4.      Keyboard USB

Teknologi Keyboard
Berdasarkan teknologi switch rangkaian listrik ada berbagai macam teknologi keyboard        antara lain adalah :
a.       Rubber dome mechanical
b.      Capacitive non-mechanical
c.       Metal contact mechanical
d.      Membrane mechanical
e.       Foam element mechanical
Pada Jenis mekanis , saklar menghubungkan rangkaian yang terputus pada Jenis capacitive non-mechanical dalam rangkaian selain ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat piringan di bawah tombol mendekati rangkain dan mempengaruhi aliran listrik .Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokan dengan peta karakter di ROM.

B.  ATM (Automated Teller Machine)
ATM atau biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. Piranti ini memungkinaknkita melakukan transaksi pengambilan uang tunai,berbagai jenis tagihan, transfer uang bahkan sudah bias digunaka untuk memesan tiket kereta api.
C.   POS (point of Sale)
Merupakan piranti yang dipergunakan pada took-toko  untuk memasukan data pembelian. Biasanya piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap degnan angka-angka , juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit.


III.   Pengambil Gambar Terformat
Banyak jenis peranti masukan yg dapat digunakan untuk mengambil citra (gambar) terformat, yang dalam arti disini bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan.Hal ini membantu peranti tersebut dalam menerima masukan.Yang kemudian diubah menjadi sinyal digital.Contoh untuk kategori peranti ini adalah Bar Code Reader, MICR, OMR, dan OCR.
A.    Bar Code Reader :
Bar Code adalah pola garis-garis hitam putih yg umum dijumpai pada barang-barang yg dijual di swalayan-swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi. Bar code ini dibaca oleh Bar Code Reader yang berupa scanner fotoelektris yang dapat mengonversi data bar code menjadi sinyal digital.
B.    MICR ( Magnetic Ink Character Recognition ) :
MICR digunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yg dicetak dengan tinta khusus pula, Tinta ini akan dimagnetisasi oleh MICR sehingga infromasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta magnetis ini hanya dapat dicetak dengan printer laser.
C.    OMR ( Optical Mark Recognition ) :
OMR adalah peranti yg dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yg dapat digunakan oleh komputer, Peranti ini membaca masukan dg bantuan refleksi optis dengan mengenali ketebalan tulisan. Contoh yang lazim ditemui untuk penggunaan OMR terdapat pada saat tes penerimaan mahasiswa baru.Dengan mengisi bulatan bulatan lembar jawaban dengan pensil 2B.
D.    OCR ( Optical Character Recognition ) :
OCR adalah peranti yg dapat membaca teks dan mengkonversinya kedalam kode digital yg nantinya diproses oleh komputer.Didalama OCR terdapat sistem yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data.







IV.  Pengambil Gambar Tak Terformat
Peranti ini digunakan untuk mengambil mengambil gambar yang belum memiliki format baku ke data digital. Contoh peranti ini antara lain : image scanner, digital camera, pembaca retina mata dan fingerprint reader. Dengan peranti ini, gambar dari suatu obyek dapat diambil dan diubah menjadi suatu file data digital yang memiliki extension. Beberapa contoh extension data digital yang digunakan pada peranti ini antara lain : BMP, GIF, ICO , JPEG, PDF, PNG, PSD, TIFF dan lain-lain.

A.    Image Scanner
Image scanner atau dikenal dg nama scanner merupakan peranti yg dapat mengambil masukan data gambar ,foto, dan bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan didalam tape/disk, atau juga dapat diproses menjadi sesuatu yang diinginkan si pemakai seperti dokumen dengan format pemroses kata tertentu. Scanner sangat berhubungan erat dengan Adobe Photoshop

B.    Digital Camera
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

Pengertian CCD
Charge Coupled Device disingkat dengan CCD.Suatu alat pencitraan untuk menkonversikan cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki lapisan-lapisan filter yang membagi spektrum warna menjadi warna merah, hijau, biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera. Ada dua macam jenis CCD, yaitu:
a.) Rangkaian linier yang digunakan dalam scanner datar, alat pengcopy digital dan Scanner Graphic Arts
b.) Rangkaian datar yangdipakai dalam comcorders, kamera video tidak bergerak, kamera-kamera digital dan high performance.
c.)Pembaca Retina Mata :
Pembaca retina mata digunakan untuk membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata dari mata seseorang
d.)Pembaca Sidik Jari :
Pembaca sidik jari adalah peranti yg digunakan untuk membaca sidik jari seseorang
V.       Suara
Mikropon merupakan pengubah variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan, yaitu:
1.       Mikropon karbon –merupakan teknologi yang digunakan pada pesawat telepon pertama kali, sampai saat ini. Bubuk karbon yang diletekkan pada diafragma plastik atau metal yang tipis akan bergetar pada saat suara yang mengenai diafragma tersebut. Getaran pada karbon tersebut akan mengubah resistansi karbon yang kemudian akan mengubah-ubah kekuatan arus yang melaluinya.
2.       Mikropon dinamis – mikropon jenis ini memanfaatkan efek elektromagnetik. Getaran pada diafragma akan menggetarkan magnet atau kumpulan sehingga menimbulkan arus listrik lemah.
3.       Mikropon pita – pada mikropon ini sebuah pita tipis diletakkan pada suatu medan magnet. Suara yang menggertarkan pita akan dapat mengubah-ubah arus yang melaluinya.
4.       Mikropon kondensor – merupakan mikropon yang memiliki sebuah kapasitor di dalamnya. Getaran suara akan dapat mempengaruhi lempeng kapasitor, sehingga dapat mengubah kapasitansi kapasitor tersebut. Perubahan ini diperkuat sehingga dapat menciptakan isyarat yang dapat terukur. Mikropon jenis ini biasnaya memerlukan sebuah baterai kecil untuk menimbulkan tegangan pada kapasitornya.
5.       Mikropon kristal – mikropon jenis ini memanfaatkan suatu jenis kristal yang kandungan listriknya dapat berubah-ubah. Dengan menempelkan sebuah diafragma pada kristaltersebut akan membuat kristal menghasilkan isyarat listrik pada saat ada suara mengenai diafragma.
Untuk mendapatkan suara yang bersih, atau untuk keperluan-keperluan khusus, mikropon dapat dikelompokkan ke dalam jenis: onmidirectional, unidirectional, noice canceling, dan echo canceling.
Onmidirectional – merupakan jenis mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah.
·         Unidirectional – mikropon jenis ini hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara-suara yang ada di sekeliling lainnya.
·         Noise canceling – merupakan mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.
·         Echo canceling – merupakan mikropon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan pembicara.

VI.     Video
Video input adalah suatu proses memasukkan gambar bergerak (full-motion images) kedalam computer. Berikut adalah istilah-istilah dalam video input device:
1.      Video capture card adalah adapter card yang melakukan konversi signal video analog ke bentuk signal digital yang dapat dipergunakan oleh computer
2.      Digital video (DV) camera merekam video seperti signal digital
3.      PC video camera dan Web cam
4.      PC video camera—digital video camera digunakan untuk menangkap video dan gambar diam, serta untuk membuat panggilan telephone video pada Internet biasa disebut PC camera, web cam—video camera yang outputnya ditampilkan pada halaman Web
5.      Apakah video conferencing adalah dua atau lebih orang yang dipisahkan secara geographic dan menggunakan jaringan atau Internet untuk mengirimkan data audio dan video
6.      Whiteboard adalah jendela yang lain pada layar yang dapat menampilkan catatan dan gambar secara bersamaan pada semua layar yang berhubungan



VII.                    Gerakan
Untuk memantau gerakan manusia, yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality, dipergunakan piranti-piranti yang bernama glove, headset, dan walker.Berikut adalah penjelasannya.
Glove
Glove berbentuk sarung tangan, digunakan untuk merekam jenis serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.
Headset
Ini merupakan piranti yang dipasang pada kepala, menutup mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala, serta menayangkan berbagai macam gambar ke mata pemakai.
Walker 
Walker digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kaki, termasuk arah kaki berputar.


VIII.               Piranti Masukan Lainnya

Pembaca Barcode, Kartu Magnetik, Kartu Cerdas, dan RFID

Barcode biasa dijumpai pada berbagai produk yang dijual di pasar swalayan.Barcode berupa simbol sejumlah garis tegak dengan ketebalan yang bervariasi.Simbol itu menyatakan suatu kode yang dapat dibaca melalui peralatan yang disebut barcode reader atau barcode scanner.
Kartu magnetik berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik.Kartu ini biasanya digunakan pada dunia perbankan.COntoh kartu magnetik adalah kartu ATM dan kartu kredit.Pada pita magnetik tersebut terdapat data.Data ini bisa dibaca melalui alat yang disebut magnetic card reader.
Smard card atau kartu cerdas sebenarnya memiliki fungsi seperti komputer berukuran sangat kecil.Kartu ini dapat digunakan untuk menyimpan data pasien dan riwayat kesehatannya, data nasabah bank, dan transaksi yang pernah dilakukan. Di Indonesia, kartu cerdas dipakai antara lain untuk kartu telpon prabayar.
RFID merupakan piranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari suatu yang ditempeli RFID tersebut ke piranti pelacak RFID.RFID memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena pirantinya sulit dipalsukan.Selain itu, piranti ini tidak memerlukan media kabel penghubung dan tidak memerlukan area lurus pandang (line of sight), sehingga sangat sesuai untuk memonitor sesuatu yang bergerak.RFID dapat memantau sesuatu dengan radius yang bervariasi tergantung kepada kekuatan pemancarannya.
Beberapa contoh pemanfaatan RFID:
1.        Penarikan biaya jalan tol
2.        Pengidentifikasian dan pelacakan jalur kereta
3.        Pemantauan transportasi truk kontainer
4.        Aplikasi-aplikasi pengolahan kesehatan dan logistik
5.        Pengidentifikasian hewan
6.        Pelumpuhan mobil untuk alasan keamanan
7.        Otentikasi dokumen
8.        Pelacakan pemain ski
Teknologi RFID biasanya menggunakan frekuensi sekitar 30 – 500 KHz untuk frekuensi rendah, sementara RFID frekuensi tinggi menggunakan frekuensi 800 – 950 MHz, dan 2,4 – 2,5 GHz. Semakin tinggi frekuensinya semakin jauh jarak jangkauannya, semakin tinggi kecepatan bacanya dan semakin mahal. Untuk frekuensi tinggi biasanya digunakan untuk melacak kereta api dan penarikan pembayaran tol secara otomatis.
Setiap RFID biasanya memiliki komponen-komponen seperti berikut:
1.       Sebuah piranti RFID (transponder atau tag) yang berisi data tentang benda atau sesuatu yang ditempeli transponder tersebut.
2.       Sebuah antena untuk mentransmisikan sinyal RF dan piranti RFID ke piranti pembaca RFID.
3.       Sebuah transceiver pembangkit sinyal RF.
4.       Sebuah piranti pembaca yang menerima transmisi RF. Piranti ini kemudian menyampaikan data yang diperolehnya ke sistem komputer untuk diproses.
5.       Selain itu biasanya ada perangkat lunak atau aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah data yang diperoleh.
Bentuk piranti RFID ini sangat beragam.Pada pelacakan binatang, piranti ini ditanamkan di bawah kulit binatang tersebut.Diameter piranti ini tidak lebih besar dari isi pensil.RFID dapat terbentuk seperti pasak, untuk dipasang pada pohon untuk melacaknya apabila dicuri, dapat pula berbentuk kartu kredit.
Tag RFID memiliki dua kategori, yaitu aktif dan pasif. Tag aktif biasanya menggunakan baterai yang dapat merupakan piranti read/write, bahkan pada beberapa sistem memiliki memori hingga 1 MB. Kelebihan jenis aktif ini, biasanya jarak jangkauannya lebih jauh, karena piranti memiliki daya sendiri.Namun kelemahan bentuk ini adalah ukurannya yang agak besar, harganya lebih mahal dan usianya lebih singkat, karena bergantung pada jenis baterai dan temperatur dimana tag ini ditempatkan. Tag RFID pasif lebih kecil, ringan, dan tahan lama, tag ini memanfaatkan daya yang diperoleh dari piranti pembaca. Kelemahannya terletak pada jarang jangkauan yang sangat terbatas






















Daftar Pustaka
Silberschatz, Abraham (1994). Operating System Concepts, Fourth Edition.Addison-Wesley.
Suyanto, St, Msc. 2007. Artifical Intelligence. Informatika.
Syamsuardi, 2004, Teknologi Informasi & Komunikasi, Jakarta, Penerbit Erlangga
http://mmx1.blogspot.com/2012/12/pengertian-point-device.html(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 19.45)
http://olikarihdiar.blogspot.com/2012/09/penjelasan-trackball-dengan-cara.html(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 19.49)
http://rajacara.wordpress.com/2011/07/25/mouse-dan-jenis-jenis-mouse/(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 20.10)
http://www.wazy84.com/jenis-jenis-mouse-atau-tetikus(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 21.03)






0 komentar: