I. Jenis Piranti Masukan
Piranti masukan
biasanya berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem
komputer dengan cara memberi printah pada komputer. Agar dapat berinteraksi
dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan
keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti oleh sistem komputer. Piranti
masukan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan aman,
efektif, efisien, dan jika mungkin menyenangkan.
Dalam prakteknya
tidak ada satu piranti masukan pun yang dapat memenuhi semua kebutuhan, pada
umumnya ketika praktek diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat
saling melengkapi, misalnya keyboard dengan mouse.Secara umum piranti masukan
harus mudah digunakan dan bentuknya harus ergonomis dan mempunyai sistem umpan
balik yang baik.
Jenis Pekerjaan
Piranti Masukan yang Cocok
1. Masukan
Numerik Tombol Numerik
2. Masukan Teks Alphanumerik keyboard (QWERTY)
3. Seleksi Obyek Mouse, joystick, trackball,
light pen
4. Manipulasi Obyek Mouse, joystick, trackball,
light pen
5. Tracking (alur) Mouse, light pen
Input device
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer,
sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah
data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data
dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a. Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
b. Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk
Piranti masukan
atau input device ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
a. Keyboard
Keyboard
merupakan piranti input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol
pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki
beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu:
1. Typewriter
Key
Tombol ini merupakan tombol utama
dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas
alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
a. Back Space. Tombol ini berfungsi untuk
menghapus 1 character di kiri cursor
b. Caps Lock. Bila tombol ini ditekan,
maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf
yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps
lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
c. Delete. Tombol ini berfungsi untuk menghapus
1 karakter pada posisi cursor
d. Esc. Tombol ini berfungsi untuk membatalkan
suatu perintah dari suatu menu.
f. End. Tombol ini berfungsi untuk memindahkan
cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
g.
Enter. Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk
melakukan suatu proses peritah
h. Home. Untuk menuju ke awal baris atau
ke sudut kiri atas layar
i.Insert. Tombol ini berfungsi untuk
menyisipkan character.
j. Page Up. Tombol ini berfungsi untuk
meggerakan cursor 1 layar ke atas
k. Page Down. Tombol
ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
l. Tab. Tombol ini berfungsi untuk
memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2.
Numeric Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard.tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
3. Function Key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d
F12.Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang
digunakan.
4. Special Function Key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Fungsi
alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat..Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface).sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Piranti
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari.Biasanya piranti ini dapat digunakan sebagai
pengganti mouse.Selain touchpad adalah model piranti masukkan yang sejenis
yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light
pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku.Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk
LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis
ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis
pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
h. Kamera Digital
Kamera
ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan
lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan
dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera
digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk
file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
i.
Mikropon dan Headphone
Piranti
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
II.
Piranti Pengetikan
Perangkat pengetikan dapat digunakan untuk memasukkan data ataupun
perintah.Perangkat yang paling umum digunakan adalah keyboard. Perangkat
pengetikan yang lain yaitu ATM (Automatic Teller Machine) yang dipakai
sebagi mesin pengambil uang dan POS (Payment of Sale) yang digunakan
pada toko-toko swalayan.
A.
Keyboard
Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik
informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke
dalam komputer. Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf
,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer,
keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami
perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard
biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami
oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher
Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch
card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946
komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched
cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia
artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol
huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus
seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> / , . ? :
; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah
seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah
52 tombol.Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model
keyboard sangat variatif.Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY
yang memiliki 101 buah key (tombol).
Kebanyakan keyboard memiliki key
yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara garis besar system keyboard
biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
a. Tombol Pengetikan
b. Tombol Angka
c. Tombol Fungsi
d. Tombol Kontrol
Cara kerja Keyboard sangatlah mudah yaitu dengan menekan
sebuah key(tombol),controllerpada keyboard mendeteksi,mengirim
permintaaninterupsi pada CPU,dan memintanya untuk menerima input dari
keyboard.jika CPU telah menerima input dari keyboard,akan terlihat hasil tombol
yang kita tekan dilayar.contohnya,saat kita mengetik,setiap hurup yang kita
tekan akan muncul di layar komputer.
Jenis-Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu :
1.
Keyboard
101-key Enhanced
Pada tahun 1986, IBM memperkenalkan IBM PC / AT Model 339
termasuk yang terakhir ini AT-sistem keluarga adalah Ditingkatkan baru
101-tombol keyboard, Sedikit yang menyadari IBM pada waktu itu keyboard 101-key
akan menjadi standar de-facto untuk keyboard untuk dekade berikutnya dan
seterusnya.Bahkan Windows saat ini keyboard dan varian mewah dengan tombol
tambahan dan tombol didasarkan pada tata letak.
2.
Keyboard
Windows 104-key
Keyboard Windows memiliki tombol control tambahan berupa
tombol Windows atau Stars dan tombol Aplikasi, sedangkan keyboard apple
memiliki susunan yang khusus untuk system Mac. Selain itu masih ada lagi
keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra.
3.
Keyboard
Standard Apple 82- key
4.
Keyboard
Extended Apple 108- key
Selain jenis-jenis keyboard yang diatas,masih ada yang
lainnya diantaranya adalah:
1.
Keyboard
QWERTY
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan layout mesin tik.Tata
letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan
kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard QWERTY
didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah
letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat
mengetik (pada mesin ketik mekanik).
2.
Keyboard
DVORAK
Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun
sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding
dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari
ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan
(lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih
efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY.
3.
Keyboard
KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis
keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian
kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15
derajat dan dibuat miring ke bawah.Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai
tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa
lebih nyaman.Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan
kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.
4.
Keyboard
Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini
dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari
diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu
garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan
8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard
biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi
dengan bentuk keyboard.Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI
(Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah
yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini,
Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik
sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan
mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
5.
Keyboard
Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5.Untuk
memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.Ukurannya
kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat,
penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya
tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan
kelelahan pada tangan.
Secara fisik Keyboard terbagi
menjadi 4, yaitu :
1. Keyboard
Serial
2. Keyboard
PS/2
3. Keyboard
Wireless
4. Keyboard
USB
Teknologi Keyboard
Berdasarkan teknologi switch
rangkaian listrik ada berbagai macam teknologi
keyboard antara lain adalah :
a.
Rubber
dome mechanical
b.
Capacitive
non-mechanical
c.
Metal
contact mechanical
d.
Membrane
mechanical
e.
Foam
element mechanical
Pada Jenis mekanis , saklar
menghubungkan rangkaian yang terputus pada Jenis capacitive non-mechanical
dalam rangkaian selain ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat
piringan di bawah tombol mendekati rangkain dan mempengaruhi aliran listrik
.Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokan dengan peta
karakter di ROM.
B. ATM (Automated Teller Machine)
ATM atau biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa
digunakan dalam perbankan. Piranti ini memungkinaknkita melakukan transaksi
pengambilan uang tunai,berbagai jenis tagihan, transfer uang bahkan sudah bias
digunaka untuk memesan tiket kereta api.
C. POS (point of Sale)
Merupakan piranti yang dipergunakan pada
took-toko untuk memasukan data pembelian. Biasanya piranti ini
selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap degnan angka-angka , juga masih
ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit.
III.
Pengambil Gambar Terformat
Banyak
jenis peranti masukan yg dapat digunakan untuk mengambil citra (gambar)
terformat, yang dalam arti disini bentuk atau format hurufnya sudah
ditentukan.Hal ini membantu peranti tersebut dalam menerima masukan.Yang
kemudian diubah menjadi sinyal digital.Contoh untuk kategori peranti ini adalah
Bar Code Reader, MICR, OMR, dan OCR.
A.
Bar Code Reader :
Bar
Code adalah pola garis-garis hitam putih yg umum dijumpai pada barang-barang yg
dijual di swalayan-swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi.
Bar code ini dibaca oleh Bar Code Reader yang berupa scanner fotoelektris yang
dapat mengonversi data bar code menjadi sinyal digital.
B.
MICR ( Magnetic Ink Character Recognition ) :
MICR
digunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yg dicetak dengan tinta
khusus pula, Tinta ini akan dimagnetisasi oleh MICR sehingga infromasi
magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta
magnetis ini hanya dapat dicetak dengan printer laser.
C.
OMR ( Optical Mark Recognition ) :
OMR
adalah peranti yg dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yg dapat digunakan oleh komputer, Peranti ini membaca masukan dg bantuan
refleksi optis dengan mengenali ketebalan tulisan. Contoh yang lazim ditemui
untuk penggunaan OMR terdapat pada saat tes penerimaan mahasiswa baru.Dengan
mengisi bulatan bulatan lembar jawaban dengan pensil 2B.
D.
OCR ( Optical Character Recognition ) :
OCR
adalah peranti yg dapat membaca teks dan mengkonversinya kedalam kode digital
yg nantinya diproses oleh komputer.Didalama OCR terdapat sistem yang terdiri
atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data.
IV.
Pengambil Gambar Tak Terformat
Peranti
ini digunakan untuk mengambil mengambil gambar yang belum memiliki format baku
ke data digital. Contoh peranti ini antara lain : image scanner, digital
camera, pembaca retina mata dan fingerprint reader. Dengan peranti ini, gambar
dari suatu obyek dapat diambil dan diubah menjadi suatu file data digital yang
memiliki extension. Beberapa contoh extension data digital yang digunakan pada
peranti ini antara lain : BMP, GIF, ICO , JPEG, PDF, PNG, PSD, TIFF dan
lain-lain.
A. Image Scanner
Image
scanner atau dikenal dg nama scanner merupakan peranti yg dapat mengambil
masukan data gambar ,foto, dan bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian
diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan didalam tape/disk, atau juga
dapat diproses menjadi sesuatu yang diinginkan si pemakai seperti dokumen
dengan format pemroses kata tertentu. Scanner sangat berhubungan erat dengan
Adobe Photoshop
B. Digital Camera
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh
pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan
dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Pengertian CCD
Charge
Coupled Device disingkat dengan CCD.Suatu alat pencitraan untuk menkonversikan
cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki
lapisan-lapisan filter yang membagi spektrum warna menjadi warna merah, hijau,
biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera. Ada dua macam jenis CCD,
yaitu:
a.) Rangkaian linier yang digunakan dalam scanner datar, alat
pengcopy digital dan Scanner Graphic Arts
b.)
Rangkaian datar yangdipakai dalam comcorders, kamera video tidak bergerak,
kamera-kamera digital dan high performance.
c.)Pembaca Retina Mata :
Pembaca retina mata digunakan untuk membaca retina mata
seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata dari mata seseorang
d.)Pembaca Sidik Jari :
Pembaca
sidik jari adalah peranti yg digunakan untuk membaca sidik jari seseorang
V.
Suara
Mikropon merupakan pengubah variasi tekanan udara
karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Ada beberapa jenis teknologi yang
digunakan, yaitu:
1.
Mikropon karbon –merupakan teknologi yang digunakan pada pesawat telepon
pertama kali, sampai saat ini. Bubuk karbon yang diletekkan pada diafragma
plastik atau metal yang tipis akan bergetar pada saat suara yang mengenai
diafragma tersebut. Getaran pada karbon tersebut akan mengubah resistansi
karbon yang kemudian akan mengubah-ubah kekuatan arus yang melaluinya.
2.
Mikropon dinamis – mikropon jenis ini
memanfaatkan efek elektromagnetik. Getaran pada diafragma akan menggetarkan
magnet atau kumpulan sehingga menimbulkan arus listrik lemah.
3.
Mikropon pita – pada mikropon ini sebuah pita tipis diletakkan pada
suatu medan magnet. Suara yang menggertarkan pita akan dapat mengubah-ubah arus
yang melaluinya.
4.
Mikropon kondensor – merupakan mikropon yang
memiliki sebuah kapasitor di dalamnya. Getaran suara akan dapat mempengaruhi
lempeng kapasitor, sehingga dapat mengubah kapasitansi kapasitor tersebut.
Perubahan ini diperkuat sehingga dapat menciptakan isyarat yang dapat terukur.
Mikropon jenis ini biasnaya memerlukan sebuah baterai kecil untuk menimbulkan
tegangan pada kapasitornya.
5.
Mikropon kristal – mikropon jenis ini
memanfaatkan suatu jenis kristal yang kandungan listriknya dapat berubah-ubah.
Dengan menempelkan sebuah diafragma pada kristaltersebut akan membuat kristal
menghasilkan isyarat listrik pada saat ada suara mengenai diafragma.
Untuk mendapatkan suara yang bersih, atau untuk
keperluan-keperluan khusus, mikropon dapat dikelompokkan ke dalam jenis: onmidirectional,
unidirectional, noice canceling, dan echo canceling.
Onmidirectional – merupakan jenis mikropon yang dapat
merekam suara dari semua arah.
·
Unidirectional – mikropon jenis ini hanya
menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara-suara yang ada
di sekeliling lainnya.
·
Noise canceling – merupakan mikropon yang dapat
menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.
·
Echo canceling – merupakan mikropon yang dapat
menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan
pembicara.
VI. Video
Video input adalah
suatu proses memasukkan gambar bergerak (full-motion images) kedalam computer.
Berikut adalah istilah-istilah dalam video input device:
1. Video
capture card adalah adapter card yang melakukan konversi signal video analog ke
bentuk signal digital yang dapat dipergunakan oleh computer
2. Digital
video (DV) camera merekam video seperti signal digital
3. PC
video camera dan Web cam
4. PC
video camera—digital video camera digunakan untuk menangkap video dan gambar
diam, serta untuk membuat panggilan telephone video pada Internet biasa disebut
PC camera, web cam—video camera yang outputnya ditampilkan pada halaman Web
5. Apakah
video conferencing adalah dua atau lebih orang yang dipisahkan secara
geographic dan menggunakan jaringan atau Internet untuk mengirimkan data audio
dan video
6. Whiteboard
adalah jendela yang lain pada layar yang dapat menampilkan catatan dan gambar
secara bersamaan pada semua layar yang berhubungan
VII.
Gerakan
Untuk memantau gerakan manusia, yang banyak dimanfaatkan
pada virtual reality, dipergunakan piranti-piranti yang bernama
glove, headset, dan walker.Berikut adalah penjelasannya.
Glove
Glove berbentuk sarung tangan, digunakan untuk merekam jenis
serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.
Headset
Ini merupakan piranti yang dipasang pada kepala, menutup
mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala, serta
menayangkan berbagai macam gambar ke mata pemakai.
Walker
Walker digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kaki,
termasuk arah kaki berputar.
VIII.
Piranti Masukan Lainnya
Pembaca Barcode, Kartu Magnetik, Kartu Cerdas, dan RFID
Barcode biasa
dijumpai pada berbagai produk yang dijual di pasar swalayan.Barcode berupa
simbol sejumlah garis tegak dengan ketebalan yang bervariasi.Simbol itu
menyatakan suatu kode yang dapat dibaca melalui peralatan yang disebut barcode
reader atau barcode scanner.
Kartu magnetik
berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik.Kartu ini
biasanya digunakan pada dunia perbankan.COntoh kartu magnetik adalah kartu ATM
dan kartu kredit.Pada pita magnetik tersebut terdapat data.Data ini bisa dibaca
melalui alat yang disebut magnetic card reader.
Smard card atau
kartu cerdas sebenarnya memiliki fungsi seperti komputer berukuran sangat
kecil.Kartu ini dapat digunakan untuk menyimpan data pasien dan riwayat
kesehatannya, data nasabah bank, dan transaksi yang pernah dilakukan. Di
Indonesia, kartu cerdas dipakai antara lain untuk kartu telpon prabayar.
RFID merupakan piranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi
radio untuk mengirimkan data dari suatu yang ditempeli RFID tersebut ke piranti
pelacak RFID.RFID memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena pirantinya
sulit dipalsukan.Selain itu, piranti ini tidak memerlukan media kabel
penghubung dan tidak memerlukan area lurus pandang (line of sight),
sehingga sangat sesuai untuk memonitor sesuatu yang bergerak.RFID dapat
memantau sesuatu dengan radius yang bervariasi tergantung kepada kekuatan
pemancarannya.
Beberapa
contoh pemanfaatan RFID:
1.
Penarikan
biaya jalan tol
2.
Pengidentifikasian
dan pelacakan jalur kereta
3.
Pemantauan
transportasi truk kontainer
4.
Aplikasi-aplikasi
pengolahan kesehatan dan logistik
5.
Pengidentifikasian
hewan
6.
Pelumpuhan
mobil untuk alasan keamanan
7.
Otentikasi
dokumen
8.
Pelacakan
pemain ski
Teknologi RFID biasanya menggunakan frekuensi sekitar 30 –
500 KHz untuk frekuensi rendah, sementara RFID frekuensi tinggi menggunakan
frekuensi 800 – 950 MHz, dan 2,4 – 2,5 GHz. Semakin tinggi frekuensinya semakin
jauh jarak jangkauannya, semakin tinggi kecepatan bacanya dan semakin mahal.
Untuk frekuensi tinggi biasanya digunakan untuk melacak kereta api dan
penarikan pembayaran tol secara otomatis.
Setiap RFID biasanya memiliki komponen-komponen seperti
berikut:
1.
Sebuah
piranti RFID (transponder atau tag) yang berisi data tentang benda atau sesuatu
yang ditempeli transponder tersebut.
2.
Sebuah
antena untuk mentransmisikan sinyal RF dan piranti RFID ke piranti pembaca
RFID.
3.
Sebuah
transceiver pembangkit sinyal RF.
4.
Sebuah
piranti pembaca yang menerima transmisi RF. Piranti ini kemudian menyampaikan
data yang diperolehnya ke sistem komputer untuk diproses.
5.
Selain
itu biasanya ada perangkat lunak atau aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah
data yang diperoleh.
Bentuk piranti RFID ini sangat beragam.Pada pelacakan
binatang, piranti ini ditanamkan di bawah kulit binatang tersebut.Diameter
piranti ini tidak lebih besar dari isi pensil.RFID dapat terbentuk seperti
pasak, untuk dipasang pada pohon untuk melacaknya apabila dicuri, dapat pula
berbentuk kartu kredit.
Tag RFID memiliki dua kategori, yaitu aktif dan pasif. Tag
aktif biasanya menggunakan baterai yang dapat merupakan piranti read/write,
bahkan pada beberapa sistem memiliki memori hingga 1 MB. Kelebihan jenis aktif
ini, biasanya jarak jangkauannya lebih jauh, karena piranti memiliki daya
sendiri.Namun kelemahan bentuk ini adalah ukurannya yang agak besar, harganya
lebih mahal dan usianya lebih singkat, karena bergantung pada jenis baterai dan
temperatur dimana tag ini ditempatkan. Tag RFID pasif lebih kecil, ringan, dan
tahan lama, tag ini memanfaatkan daya yang diperoleh dari piranti pembaca.
Kelemahannya terletak pada jarang jangkauan yang sangat terbatas
Daftar Pustaka
Silberschatz,
Abraham (1994). Operating
System Concepts, Fourth Edition.Addison-Wesley.
Suyanto, St, Msc. 2007. Artifical Intelligence. Informatika.
Syamsuardi, 2004, Teknologi Informasi & Komunikasi, Jakarta,
Penerbit Erlangga
http://mmx1.blogspot.com/2012/12/pengertian-point-device.html(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 19.45)
http://olikarihdiar.blogspot.com/2012/09/penjelasan-trackball-dengan-cara.html(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 19.49)
http://rajacara.wordpress.com/2011/07/25/mouse-dan-jenis-jenis-mouse/(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 20.10)
http://www.skill.co.id/front/index.php/jakarta-tech-update/296-pengertian-ocr-dan-omr-2(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 20.17)
http://www.wazy84.com/jenis-jenis-mouse-atau-tetikus(diakses pada: tanggal 24 September 2014, jam: 21.03)
0 komentar:
Posting Komentar